Startup Business: Harga Alibaba Milik Jack Ma Kini Tembus Rp 6.655 Triliun

Alibaba Group semakin mentereng nilai sahamnya di pasaran. Saat ini, perusahaan ecommerce tersebut baru saja memiliki kapitalisasi pasar USD 500 miliar atau setara dengan Rp 6.655 triliun.

Raihan tersebut membuat perusahaan yang dipimpin oleh Jack Ma ini bergabung dengan perusahaan yang sudah ada di klub Rp 6.655 triliun, yakni seperti Tencent, Apple, Alphabet (induk dari Google), Microsoft, Amazon, dan Facebook.

Sebagaimana dikutip dari Business Insider, pada Jumat (26/1/2018) bahwa saham Alibaba melonjak ke level tertinggi sepanjang masa di Bursa Saham New York pada Rabu (24/1), yaitu sebesar USD 198,86 per lembarnya. Sehingga menjadikan kapitalisasi pasar Alibaba menyentuh USD 500,8 miliar.

Apa yang diraih oleh Alibaba mengikuti perusahaan asal senegaranya, Tencent yang sudah lebih dulu menggores sejarah kapitalisasi pasar perusahaan di angka sebesar USD 500 miliar.

Analisis dari Oppenheimer yang dipimpin oleh Jason Helfstein, memuji inisiatif Alibaba untuk menghubungkan bisnis online dan offline. Hal itu yang membuat bisnis ritel Alibaba menghasilkan pendapatan yang siginifikan.

Menurut kami, pertumbuhan akan didorong oleh peningkatan personalisasi Alibaba dalam e-Commerce melalui AI berbasis data dan integrasi media, penerapan lanjutan Alibaba Cloud dan toko fisik yang lebih besar,” kata para analis dalam laporan tersebut.

Sementara itu, pendiri Alibaba GroupJack Ma yang menghadiri World Economy Forum, mengungkapkan bahwa globalisasi mengalami beberapa masalah, namun hal itu tidak bisa dihentikan.

Tidak ada yang bisa menghentikan globalisasi. Tidak ada yang bisa menghentikan perdagangan. Jika, perdagangan berhenti, maka perang akan terjadi,” ucap Jack Ma.

Pernyataan Jack Ma itu terucap oleh Presiden AS Donald Trump yang pada awal pekan ini menyetujui tarif 30% pada panel surya impor dan tarif yang dimulai 20% untuk mesin cuci, aksi perdagangan utama pertama pada tahun ini. Dan sebagian besar panel surya diimpor dari China.

Leave a Reply