Startup Business: WhatsApp Luncurkan Layanan Transfer Uang

Kalau biasanya kirim uang melalui ATM, ibanking atau melalui mobile banking (apps). Saat ini ada cara mudah untuk melakukan transfer uang, yaitu dengan menggunakan layanan WhatsApp.

WhatsApp Luncurkan Layanan Transfer Uang

Salah satu aplikasi messenger populer, yaitu WhatsApp telah merilis fungsi terbaru dari fitur yang mereka buat, yaitu fitur transfer uang bagi para penggunanya, tapi sayangnnya baru ada di India. Hal ini berdasarkan informasi yang diberikan oleh National Payments Corp of India (NPCI).

Berdasarkan informasi yang AWKHOSTech dapatkan, ketersediaan layanan ini sangat terbatas, dimana hanya digunakan oleh 1 juta penggunanya saja.

National Payments Corp of India (NPCI) juga mengatakan bahwa secara bertahap layanan transfer uang antar bank secara ‘full feature’ nantinya akan tersedia bagi seluruh pengguna WhatsApp yang ada di India.

Pernyataan ini sendiri sekaligus menandai peluncuran layanan terbaru WhatsApp, mengingat bahwa National Payments Corp of India (NPCI) merupakan suatu badan di India yang sengaja dibentuk oleh bank sentral dan para kreditur yang bertugas untuk mengawasi layanan pembayaran.

AWKHOSTech melalui Daily Mail juga melaporkan bahwa layanan ini nantinya akan menggunakan nomor ponsel dari pengguna yang secara langsung terhubung ke akun bank yang berfungsi untuk memfasilitasi pembayaran. Karena itu untuk dapat menikmati fitur terbaru ini, para pengguna aplikasi ini hanya perlu melakukan pengaturan dengan masuk ke bagian setting di aplikasi tersebut.

Setelah melakukan setting, pengguna harus melakukan verifikasi nomor telepon melalui SMS serta memilih bank. Setelah itu, maka opsi Pembayaran (payments) nantinya akan langsung tersedia pada interface utama WhatsApp Anda.

Saat ini terdapat 4 (empat) bank yang berpartisipasi pada fitur WhatApp tersebut, yaitu State Bank of India, ICIC Bank, HDFC Bank, hingga Axis Bank. Ke-empat bank tersebut tergabung dalam United Payments Interface (UPI) yang telah mendukung layanan pembayaran menggunakan WhatsApp.

Sebagai pasar terbesar WhatsApp, maka tidak heran jika WhatsApp mulai melakukan uji-coba layanannya ini dari negara tersebut.

Berdasarkan data, total pengguna aktif bulanan WhatsApp yang ada di kota tersebut berjumlah sekitar 200 juta dari jumlah total user sebanyak lebih dari 1 miliar user.

Lalu apakah layanan ini nantinya dapat dinikmati di negara lain dan Indonesia?.

Sampai sejauh ini, pihak WhatApp masih belum memberikan bocorannya. Karena itu, mari kita tunggu saja apakah nantinya bakal ada notifikasi pembaruan dari WhatApp untuk  menyediakan layanan ini di Indonesia.

Leave a Reply