Startup Business: Pengunjung Facebook Turun 5% 😱

Baru-baru ini Facebook mengeluarkan laporan kuartal ke-empat 2017 perusahaan dan ada satu poin yang sangat menarik perhatian AWKHOSTech.

Founder yang merangkap CEO dari Facebook, Mark Zuckerberg, mengatakan bahwa para pengguna mengurangi waktu bermain di Facebook.

Jika ditotal, maka pengguna Facebook mengurangi waktunya menjadi 50 juta jam per hari untuk membuka atau menghabiskan waktu di Facebook.

Dikutip AWKHOSTech dari Recode, angka 50 juta jam itu menandakan penurunan waktu kunjung atau bermain di Facebook sebanyak 5% (lima persen).

Di awal Januari 2018 kemarin, Zuckerberg memperingatkan secara terbuka bahwa penurunan itu berasal dari perubahan algoritma pada News Feed di Facebook.

Bagi Anda yang belum tahu, tujuan perubahan itu agar postingan dari teman dan keluarga lebih sering tampil di Home News Feed ketimbang publikasi dari portal media, video viral, dan lain sebagainya.

Tapi “kehilangan” ini dianggap sebagai hal baik bagi Zuckerberg.  Kenapa?

Saya pernah bilang, video dapat menyatukan pengguna Facebook. Tapi semakin ke sini, menonton video itu ternyata kegiatan yang pasif. Demi menyeimbangkannya, saya dan tim Facebook akan fokus ke konten yang dapat mendorong interaksi sosial yang lebih bermakna,” ungkap Zuckerberg beberapa waktu lalu melalui Facebooknya.

Keputusan itu dinilai murni datang dari keinginan Facebook yang memang sudah lebih dulu memprediksi bahwa waktu kunjung para pengguna dapat berkurang.

Masih dari Recode, Zuckerberg menggaris-bawahi hal yang sedang menjadi fokusnya.

Membantu orang agar terhubung itu lebih penting dibanding memaksimalkan waktu yang mereka habiskan di Facebook,” tutur Zuckerberg saat menjelaskan soal “interaksi yang lebih bermakna” yang ia sebut sebelumnya.

Zuckerberg melanjutkan, “menurut kami hal ini positif dan akan mendorong terbentuknya komunitas yang lebih kuat untuk jangka panjang, serta baik bagi bisnis agar dapat berjalan dalam jangka yang panjang juga”.

Bagi AWKHOSTech yang penting iklan di AWKHOST tetap berjalan di Facebook tanpa halangan. 😆

Leave a Reply